Senin, 09 November 2020

KEUTAMAAN TA`DZIM PADA MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Picture by : Picsart Editing

 

Bismillahirrahmanirrahim...

Assalamu`alaikum.W.W


Selamat datang kembali kami  ucapkan kepada teman-teman yang telah berkenan berkunjung ke blog kami, semoga Artikel yang kami bagikan kali ini bermanfaat bagi kita dan dapat meningkatkan kecintaan kita terhadap Nabi Muhammad SAW.

 

Artikel  ini dikutip dari kajian bulanan di Pondok Pesantren YPI An-Nur Malangbong Garut bahasan Alumni Edisi 196, hari Sabtu, 21 Robiul Awal 1441 H./ 07 November 2020 M.

 

loading...

KEUTAMAAN TA`DZIM PADA MAULID NABI MUHAMMAD SAW

 

Nabi Muhammad SAW dilahirkan di kota Makkah pada hari Senin, tanggal 12 Rabi`ul Awal tahun Gajah sedangkan untuk tahun masehinya diperkirakan sekitar tahun 570 M pada tanggal 20 April. Ketika kelahirannya banyak sekali keanehan-keanehan yang terjadi di Kota Makkah dan beberapa kota disekitarnya, menurut Syekh Ja`far Al-Barzanji dalam kitabnya Maulid Al-Barzanji dikatakan ada beberapa keanehan-keanehan yang terjadi ketika kelahiran Nabi Muhammad SAW, diantaranya sebagai berikut :

1.    Ketika Nabi Muhammad SAW lahir muncul cahaya terang dari tempat dilahirkannya beliau yang menerangi semua mahluk hingga ke kota Bashroh dan istana benteng Negri Syam.

2.    Beberapa tempat yang tandus, gersang tiba-tiba menjadi subur dan sejuk.

3.    Pepohonan yang sebelumnya rindang tanpa buah menjadi banyak buahnya dan siap dipanen.

4.    Berhala-berhala dan salib yang dijadikan sebagai sarana peribadahan mendadak jatuh dan hancur, serta sedih dan menyesal, merasa malu oleh lahirnya Nabi Muhammad SAW.

(berhala dan salib juga merupakan mahluk Allah SWT yang senantian bertasbih, mereka sedih, menyesal dan merasa malu karena mereka selalu dijalikan sarana untuk berbuat syikir oleh orang-orang kafir).

5.    Para pendeta dan dukun mengetahui waktu kelahiran Nabi Muhammad SAW, tetapi banyak yang menyembunyikan dan tidak mau menerimanya.

6.    Binatang bangsa Quraisy menceritakan kehamilan Ibunda Nabi Muhammad SAW dengan bahasa manusia.

7.    Nabi Muhammad SAW dilahirkan dalam keadaan bersih tanpa ada kotoran sedikitpun serta dalam keadaan sudah disunat.

 

Itulah sebagian kecil keanehan-keanehan yang terjadi ketika Nabi Muhammad SAW dilahirkan, masih banyak keanehan-keanehan lain yang belum dijelaskan diatas.

 

Adapun keutamaan Ta`dzim pada Maulid Nabi Muhammad SAW menurut pada khalifah adalah sebagai berikut :

1.    Menurut Khalifah Pertama (Abu Bakar As-Shiddiq RA)


مَنْ أَنْفَقَ دِرْهَمًا عَلَى قِرَائَةِ مَوْلِدِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم كَانَ رَفِيْقِي فِي الْجَنَّةِ


Artinya :

“Barangsiapa yang menafkahkan satu dirham untuk membacakan atau memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, maka ia akan menjadi temanku di syurga”.

 

 

2.    Menurut Khalifah Kedua (Umar bin Khatab RA)


مَنْ عَظَمَ مَوْلِدِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَقَدْ أَحْيَا الْإِسْلَامِ


Artinya :

“Barangsiapa yang ta`dzim pada Maulid Nabi Muhammad SAW, maka sesungguhnya ia telah menghidupkan Agama Islam”.

 

3.    Menurut Khalifah Ketiga (Utsman bin `Affan)


مَنْ أَنْفَقَ دِرْهَمًا عَلَى قِرَائَةِ مَوْلِدِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَكَأَنَّمَا شهد غَزْوَة بَدَرٍ وَحُنَيْنٍ


Artinya :

“Barangsiapa yang menafkahkan satu dirham untuk membacakan atau memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, maka ia akan mendapatkan ganjaran seperti orang yang ikut perang badar dan perang hunain.

4.    Menurut Khalifah Keempat (Ali bin Abi Thalib)


مَنْ عَظَمَ مَوْلِدِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم وَكَانَ سَبَبًا لِقِرَائَتِهِ لَا يَخْرُجُ مِنَ الدُّنْيَا إِلَّا بِالْإِيْمَانِ وَيَدْخُلُ الْجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ


“Barangsiapa yang ta`dzim pada Maulid Nabi Muhammad SAW dan ia menjadi penyebab dibacakan dan diperingatinya Maulid Nabi Muhammad SAW, maka ketika ia meninggal dunia akan membawa iman (khusnul khotimah) serta akan masuk syurga tanpa ada hisaban.

 

Keuntungan Ta`dzim pada Maulid Nabi Muhammad SAW

(Menurut : Imam Fakhrudin Ar-rozy)

 

Selain keutamaan-keutamaan diatas yang disampaikan oleh para khalifah, ada juga beberapa keuntungan duniawi bagi seseorang yang Ta`dzim pada Maulid Nabi Muhammad SAW, berikut beberapa keuntungannya menurut Imam Fakhrudin Ar-rozy :

1.    Apabila Maulid Nabi Muhammad SAW dibacakan terhadap suatu makanan atau bahan makanan seperti, garam, beras dan semua jenis makanan maka akan memberikan berkah terhadap segala hal yang berhubungan dengan makanan tersebut, baik terhadap makanan itu sendiri maupun terhadap orang yang memakan makanan tersebut.

2.    Seseorang yang memakan makanan yang telah dibacakan Maulid Nabi Muhammad SAW hidupnya akan dipenuhi dengan berkah dan diampuni dosa-dosanya.

3.    Apabila Maulid Nabi Muhammad SAW dibacakan terhadap air, maka orang yang meminumnya akan dipenuhi dengan seribu cahaya rahmat didalam hatinya.

4.    Seseorang yang minum air yang telah dibacakan Maulid Nabi Muhammad SAW akan dijauhkan dan disembuhkan dari seribu penyakit lahir maupun penyakit batin.

5.    Seseorang yang minum air yang telah dibacakan Maulid Nabi Muhammad SAW, hatinya akan terang, tidak akan tertutupi oleh nafsu, resah, gelisah, was-was serta dijauhkan dari sifat-sifat buruk yang menolak terhadap kebenaran.

6.    Apabila Maulid Nabi Muhammad SAW dibacakan terhadap harta berupa emas, perak atau uang kemudian harta tersebut dicampurkan dengan harta lainnya, maka akan banyak berkahnya serta orang yang mempunyai harta tersebut tidak akan merasa faqir (kekurangan harta) dan usahanya akan dipenuhi dengan keberkahan.

 

Demikian artikel ini Admin post, semoga menjadi motivasi bagi kita untuk terus meningkat kecintaan dan ta`dzim kita kepada Nabi Muhammad SAW. Terimakasih semoga bermanfaat...

Wassalamu`alaikum.W.W.

Download file : (DOC) / (PDF)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.
Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.